Press "Enter" to skip to content

Obat, Kimia atau Herbal ?

Helmi Anwar 0

Perkembangan zaman yang terus berjalan semakin cepat tentu menyebabkan kemajuan teknologi yang juga pesat untuk mengimbanginya, di samping itu ilmu pengetahuan pun semakin terbuka dan luas, dalam dunia medis pun banyak bermunculan produk medis yang dapat mengobati dan atau menanggulangi banyak penyakit yang pada waktu sebelumnya belum dapat diklasifikasikan. Hal ini ternyata juga dibarengi oleh evolusi dan perkembangan bakteri serta virus yang juga baru dapat diidentifikasi, oleh karenanya produk-produk obat kimia baru juga banyak bermunculan, lalu haruskah kita menjadi adiktif terhadap obat-obatan kimia ini? Akankah obat-obatan herbal ditinggalkan? Berikut pembahasan saya.

Obat, Kimia atau Herbal ?

Sejauh yang saya alami, bahwa rata-rata penyakit adalah tentang gaya hidup yang salah mulai dari aktivitas, pola makan, lingkungan, dan lain sebagainya. Bahkan ketika suatu waktu saya bertanya kepada kakek dari istri saya yang kebetulan masih hidup dan masih terlihat fit serta bugar di usianya yang hampir memasuki kepala 9 ini, dia mengatakan kepada saya bahwa inti dari kesehatan adalah cara berfikir. Mungkin pernyataan itu terlihat tidak berisi, tapi itu menjadi penuh makna ketika yang mengatakan nya adalah seorang sepuh 89 tahun yang sedang beristirahat dari tengah aktivitasnya pada waktu itu yang sedang mencangkul di kebun nya, dan ketika mengucapkan kalimat tersebut dia dalam posisi jongkok dan menghisap sebatang rokok kretek.

Baca Juga : Bunda Perlu Tahu, Obat Alami Apa Saja untuk Anak Demam

Lalu bagaimana dengan penyakit-penyakit berat saat ini? Jadi, menurut hemat saya ada juga penyakit-penyakit yang memang tidak bisa diihindari, contohnya adalah penyakit menular secara genetic atau turunan, dan juga kecelakaan. Nah, jika itu terjadi maka jawaban nya adalah obat-obatan kimia karena obat-obatan tersebut memang diciptakan dengan penelitian untuk menyembuhkan bukan untuk mencegah pada awalnya.

Obat, Pilih Kimia atau Herbal ?

Lalu jika pertanyaan nya adalah, lebih pilih obat kimia atau herbal? Ini adalah pertanyaan yang sebenarnya tidak perlu dijawab karena kita terlebih dahulu harus dapat mengidentifikasi penyakitnya dan pada dasarnya kedua jenis obat-obatan ini diperlukan, obat herbal dikonsumsi untuk mencegah penyakit karena memang sepeti yang kita tahu bahwa obat-obatan herbal lebih aman dan tanpa efek samping, sedangkan jika sudah terlanjur terkena penyakit dan sudah tidak bisa ditangani oleh obat-obatan herbal maka jawaban nya adalah obat-obatan kimia dan penanganan medis yang tepat. Sekian pembahasan saya mengenai ini, semoga dapat membantu anda untuk tetap bijaksana dalam menyikapi perdebatan-perdebatan seputar herbal atau kimia, sampai ketemu lagi di lain kesempatan.