Press "Enter" to skip to content

Pilih Mana? Bangun Website dari Awal atau Cari Expired domain?

Helmi Anwar 0

Agar sebuah website dapat diakses oleh banyak orang, maka sudah pasti website tersebut memerlukan domain yang berfungsi sebagai alamat. Misalnya yang termasuk domain seperti Indoworx.com, Facebook.com atau Google.com serta masih banyak lainnya. Nama domain suatu website tidak akan sama dengan domain dari website lain, atau dalam artian tidak akan bisa sama persis dan juga tidak dapat ditiru.

Dalam dunia blog, dikenal istilah expired domain, yang diklaim cukup bagus untuk SEO. Bagaimana menurut Anda? Lebih memiih membangun website dari awal atau mencari expired domain? Tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau mau instan, tentu dengan memilih expired domain adalah solusi yang tepat karena Anda tidak perlu susah payah dalam membangun website. Apalagi jika Anda mendapatkan expired domain yang berkualitas, maka Anda tidak perlu berusaha keras untuk menaikkan popularitas dari situs blog dari awal.

Baca juga : Beberapa Strategi Link building Yang Populer

Domain Baru atau Expired Domain?

Expired domain merupakan nama domain yang sudah masa kadaluwarsa dan tidak diperpanjang oleh pemilik aslinya. Expired domain ini biasanya dapat dibeli melalui registar atau lelang dimana Anda akan membayar lebih mahal daripada membeli domain baru. Sederhananya, expired domain itu adalah domain bekas website lain yang sudah tidak dipakai lagi.

Expired domain umumnya sudah menyimpan banyak backlink yang tentunya sangat bermanfaat bagi website tanpa harus bersusah payah mengumpulkan backlink dari awal. Tentu ini menjadi salah satu keunggulan daripada Anda menggunakan domain baru dan membangun website dari awal. Sehingga tak heran jika banyak blogger profesional yang lebih memilih untuk menggunakan expired domain daripada membeli baru. Karena itu berarti Anda tidak mulai dari nol.

Tapi perlu diingat, bahwa expired domain juga tidak selalu memberikan banyak manfaat untuk Anda. Ada beberapa dampak negaif dari membeli expired domain.  Salah satunya adalah ranking di Alexa yang tidak valid. Misalnya ketika Anda membeli suatu expired domain dengan ranking yang tinggi, namun ketika Anda aktifkan justru ranking-nya menurun. Hal seperti ini cukup wajar jika expired domain tersebut cukup lama masa kadaluwarsanya.

Sisi negatif lainnya yaitu kemungkinan besar backlink yang terkumpul berkualitas rendah. Akan lebih baik jika Anda memeriksa kualitas dari backlink-nya terlebih dahulu. Pastikan apakah backlink-backlink berasal dari situs sungguhan atau bukan. Karena saat ini untuk mendapatkan backlink bisa dengan cara instan yaitu menggunakan link farm yang cederung memberikan backlink yang tidak berkualitas.

Jadi, dari ulasan di atas dapat disimpulkan, lebih memilih domain baru atau bekas itu tergantung dari pengguna sendiri. Membangun website dari awal tentunya lebih menjamin keamanan dan kualitas dari website sendiri. Hanya saja, Anda akan benar-benar bersusah payah di awal. Bagaimana menurut Anda?