Press "Enter" to skip to content

Strategi Penerapan Pembelajaran Siswa Aktif Di Sekolah

Helmi Anwar 0

Mengenai perihal metode pembelajaran memang dilakukan banyak pembenahan terhitung sejak awal berkembangnya pendidikan di Indonesia bahkan semenjak era orde baru bergulir. Kita bisa hitung saja berapa kali Indonesia memberikan pembenahan – pembenahan pada dunia pendidikan di Indonesia.

Dan yang paling baru adalah pembenahan yang berhasil memberikan sentuhan baru pada kurikulum pendidikan Indonesia yaitu kurikulum revisi yang menerapkan kurikulum 2013 dengan basis pendidikan yang diupayakan jauh lebih baik lagi.

Pada kurikulum terbaru ini diharapkan metode ceramah pada pendidikan di Indonesia tidak berlaku lagi dan berganti menjadi metode pembelajaran siswa aktif. Metode pembelajaran ceramah dianggap sangat tidak efektif karena hanya guru yang aktif tanpa memberikan kesempatan murid atau siswa untuk berkembang sesuai potensi dirinya.

Contoh teks eksplanasi dalam materi bahasa Indonesia untuk level menengah.

Karena itu kemudian metode pembelajaran siswa aktif melalui kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan. Ini juga untuk memicu motivasi siswa untuk tidak mengandalkan guru karena hakikat guru adalah sebagai mediator ilmu dan siswa. Lantas seperti apa strategi penerapan pembelajaran siswa aktif di sekolah yang dapat diterapkan?

Strategi Penerapan Pembelajaran Siswa Aktif Di Sekolah  

Pengalaman penting

Aspek yang satu ini merupakan sebuah strategi yang memang cukup menarik untuk diterapkan seorang tenaga pendidik kepada peserta didik di awal pertemuan yang dilakukan. Nantinya seorang tenaga pendidik juga akan dapat memberikan instruksi atas peserta didik agar dapat menceritakan pengalaman – pengalaman penting yang menarik dan pernah dialaminya.

Dan selanjutnya nanti tenaga pendidik harus berpikir secara lebih kreatif untuk menghubungkan antara materi dan pengalaman supaya dapat lebih mudah dicerna oleh peserta didik yang ikut dalam program pembelajaran yang diselenggarakan.

Dialog peserta didik dengan tenaga pendidik

Dialog – dialog pendek yang terjadi diantara peserta didik bersama tenaga pendidik harusnya dapat memancing peserta didik agar semakin aktif didalam pembelajaran yang dilakukan. Dan seorang tenaga pendidik juga dapat melakukan sharing tentang berbagai macam aspek yang mungkin juga dapat mengadakan tanya jawab dengan para peserta didik tentang materi yang sudah disampaikan. Manfaat tanya jawab ini adalah untuk review materi ajar bagi para peserta didik.

Melakukan diskusi kelompok

Aspek yang satu ini turut menjadi sebuah strategi yang baik untuk diterapkan kepada para peserta didik. Strategi pembelajaran ini akan membuat peserta didik aktif dalam mengungkapkan pendapatnya pada anggota kelompok. Dengan begini pemikiran yang kritis dan bagaimana solusi menyelesaikan masalah secara berkelompok akan dimiliki oleh peserta didik.

Demikian sedikit informasi tentang Strategi Penerapan Pembelajaran Siswa Aktif Di Sekolah. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. Dan semoga strategi pembelajaran aktif dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang semakin baik dan berkualitas.

Untuk informasi dan tips lain seputar dunia pendidikan dan pembelajaran, kunjungi https://www.dosenpendidikan.com/